Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

4 Apr 2015

GERHANA BULAN - "WAKTUNYA MELIHAT GERHANA MERAH"




Gerhana Bulan total

Siapa di antara teman semua saat masih anak-anak, punya perasaan takut saat terjadi gerhana bulan?

Hahaaa, saya tergolong anak penakut saat kecil. Terlebih saat bulan purnama dan terjadi gerhana, karena teman-teman sepermainan yang sering bercerita horor. Ada yang bilang, kalo gerhana bulan muncul disertai dengan kehadiran vampire, duuhhh...


Kenangan masa kecil itu untung tak menyertai tumbuh kembang saya hingga dewasa. Karena saya menganggap cerita dari mulut ke mulut oleh teman masa kecil sebagai buah bibir semata.

Begitu menjadi ibu dua anak laki-laki, saya memperkenalkan proses alam seperti gerhana bulan dengan cara mudah dan benar. Saya membeli buku-buku ensiklopedi tentang alam semesta. Gerhana bulan pun diulas dalam salah satu buku yang saya beli di tokbuk kota kami. Dengan pengetahuan komplit yang ada di buku, saya tidak salah menceritakan kejadian gerhana bulan pada anak-anak.

Fenomena gerhana bulan terjadi saat bulan melewati bayangan bumi. Biasanya karena orbit yang miring dan bulan hanya lewat di atas atau di bawah bayangan bumi. Kejadian bulan melewati bayangan bumi ini memang jarang terjadi. Biasanya gerhana hanya terjadi bila bulan berdekatan dengan titik-titik dalam orbitnya, saat melintasi ekliptika, yaitu jalur cahaya matahari. 

Nah, selama ini banyak orang yang salah kaprah menganggap bahwa gerhana bulan disebabkan oleh bayangan bumi yang jatuh di bulan. Yang terjadi sebenarnya adalah sebaliknya. Yaitu fase gerhana bulan dipengaruhi oleh variasi arah datangnya matahari ke bulan yang jatuh ke bumi.

Menurut peneliti dari Boscha yang dilansir oleh media Tempo , mengatakan gerhana bulan akan mulai terjadi sejak pukul 17.15 WIB. Tapi, kata dia, wilayah barat Indonesia baru bisa menyaksikannya pada pukul 18.00. "Menunggu bulan terbit," ujarnya, saat dihubungi, Jumat, 3 April 2015.

Menurutnya, masyarakat wilayah barat Indonesia akan dapat menyaksikan gerhana bulan total ini sampai pukul 20.44 WIB. Sedangkan di wilayah tengah dan timur, kata Evan, gerhana bulan total akan dapat dilihat sejak pukul 17.00 Wita dan 16.0 WIT. Hanya, memang tergantung kondisi cuaca dan awan. "Jika tertutup awan ya bulan tak terlihat."


Dalam bincang-bincangnya, peneliti tersebut menjelaskan pula tentang gerhana bulan merah darah. Menurut Evan, saat gerhana bulan total terjadi, pembiasan cahaya matahari menjadi bulan semerah darah. Karena itu gerhana bulan total biasa dikenal dengan sebutan 'blood moon' atau Gerhana 'Merah Darah'.

Gerhana bulan berwarna merah, dari foto seorang pengamat   menggunakan teleskop Meade LX50 10 inchi Schmidt Cassegrain dan kamera Canon XS DSLR
Gambar Blood Moon 

Bagi teman-teman yang ingin melihat gerhana bulan malam ini, bisa mengunjungi tempat-tempat yang sudah dirilis oleh media. Di semarang sendiri, nobar gerhana bulan dapat disaksikan di resto Alam Indah mulai pukul 17.00 wib.

Namun sebagai muslim, saya lebih memilih ikut berjamaah shalat sunnah gerhana sesuai dengan tuntunan Rasulullah Saw. Seperti himbauan Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementrian Agama Prof. Machasin, agar umat muslim lebih memperbanyak sunnah muakkadah untuk bertakbir terlbih dahulu. Juga memperbanyak zikir, doa, istighfar, sedekah dan melakukan amal-amal kebajikan lainnya.

Yess, silahkan pilih sesuai keinginan hati masing-masing yaaa...

10 comments :

  1. Aku juga kmr baca berita ttg gerhana ini di detik moga2 sore ini Semarang ga ujan ya supaya bisa menikmati blood moon :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihiii, sayang semalam kurang cerah ya, aku gak bisa lihat blood moon-nya, tapi kelihatan sih gerhana bulannya

      Delete
  2. Semoga nanti sore cuaca cerah spy bisa lihat kuasa Allah yg satu ini.

    bener Bunda, banyak amalan yg bisa kita lakukan saat gerhana seperti ini. Trimakasih sdh mengingatkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana, udah lihat blood moon?

      Iya Vhoy, saling mengingatkan yaaa

      Delete
  3. berarti nanti sore ya mbak, mudah-mudahan aku bisa lihat gerhananya. Jangan lupa sholat jug amungkin ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sih, kalo gak mendung bisa dilihat dari rumah

      Delete
  4. googling tata cara sholat gerhana duluu, mungkin liat gerhananya dari rumah aja, bisa keliatan ngga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihii... silahkan deh Mama Thifa, eh tapi kan ada jamaah shalat gerhana di masjid ya :)

      Delete
  5. Telat baca..kurang publisitas sepertinya momen ini sayang sekali. TFS mak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duuh, telat baca ini ya, gpp sih. Nanti nunggu yang bulan september aja ya Fee

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...