Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

25 Mar 2015

TIPS AGAR TIDAK MENGANTUK DI TEMPAT KERJA

manfaat-tidur-siang
Gambar diambil dari sini

 Halooo... Apa kabar hari ini?
Mau nanya nih, bagi teman-teman yang masih jadi pekerja di intansi atau perusahaan swasta, pernah nggak sih ngalami ngantuk pada saat jam kerja? Bisa juga yang dulunya pernah merasakan sebagai pekerja, pasti pernah ngantuk juga kan? Atau saya sendirian nih yang ngalami hal seperti ini?


Yang bikin sebal itu kalo sedang sibuk banget dengan tugas-tugas, ngitung deretan angka, dan seperti jelangkung, kantuk pun datang. Mana jam istirahat masih sejam lagi, dan laporan udah nyaris detlen juga. Gimana perasaanmu, temans?

Beberapa teman yang saya tanya, menjawab kalo penyebabnya adalah kurang tidur semalam. Ada juga karena kelelahan. Yang bikin saya ketawa, ada lho teman yang menjawab kebanyakan sarapan, hihiiii

Iya sih, kurang tidur bikin kita ngantuk pas pagi harinya. Namun ada juga yang nggak ngaruh banget soa kurang tidur ini. Jadi kesimpulannya, tiap orang berbeda penyebab ngantuk saat jam kerja ya?

Kalo temans kerja di rumah a.k.a freelancer gitu, pasti nggak bakal nemu masalah ngantuk saat jam kerja. Karena kerja di rumah sendiri, tentu bisa fleksibel mengatur jam kerja. Saat kantuk datang pukul 11.00, bisa donk langsung ke kamar dan istirahat sebentar. Jangan kelamaan, itu namanya bukan istirahat, hahaaa

Nah, kantuk yang menyerang kita pada jam sibuk ini bikin konsentrasi teganggu. Pekerjaan bisa berantakan pula, karena kita tidak bisa sanggup menyelesaikannya. Hal ini bikin produktivitas kerja kita menurun dan pasti bakal muncul kesalahan fatal.

Nah, gimana donk agar kantuk bisa dikendalikan sehingga tidak mengganggu produktivitas kerja kita? Ini nih tips yang saya bagi untuk mengatasi kantuk saat jam kerja. Simak yuk :

  1. Berolah raga.                                                                                                                             Iya, ambil jeda sesaat dengan melakukan gerakan olah raga di ruangan. Bisa dipilih dengan  duduk tegak di kursi kerja. Kemudian angkat kedua tangan sejajar di atas kepala. Lakukan gerakan peregangan. Letakkan tangan di atas pinggang, tolehkan leher ke kiri dan kanan masing-masing dalam hitungan delapan kali. Lakukan lagi dalam gerakan menunduk dan mendongak dalam hitungan yang sama. Kemudian masih dalam posisi duduk tegak, gerakkan kedua tangan ke depan dan tekuk ke depan wajah kita. Yang terakhir, lakukan gerakan tangan lurus ke samping sambil mengepal. Kemudian gerakkan bergantian seperti meninju angin di atas kepala. Semua gerakan selalu dalam hitungan delapan kali. Setelah usai melakukan olah raga ringan dan sederhana ini, kantuk pasti langsung melayang. Ini yang saya praktekkan di tempat kerja.
  2. Berjalan keluar ruangan                                                                                                                Ruangan kerja sekarang ini kebanyakan ber-AC dan tertutup, kurang cahaya matahari dan kita selalu duduk di depan komputer. Nah, penyejuk udara plus menatap layar komputer lama-lama bikin mata mudah mengantuk. Tak ada salahnya bila kantuk sudah menyerang dan tak bisa ditahan, segeralah bangkit dan berjalan keluar ruangan. Cari udara segar di ruang terbuka, lebih bagus lagi bila ada taman di tempat kerja, sekedar untuk memulihkan pikiran dan kondisi tubuh. Dengan berjalan-jalan tentu kantuk akan hilang dan konsentrasi pun pulih seiring tubuh yang telah segar kembali.
  3. Hindari Tidur hingga larut malam                                                                                                 Ada benarnya jawaban beberapa teman yang menganggap tidur larut menyebabkan kantuk datang saat jam sibuk bekerja. Tentu saja solusinya adalah jangan tidur larut malam. Karena tubuh yang tidakmendapatkan jam tidur di malam hari, akan membuat kantuk mudah menyerang. Kalo susah tidur penyebabnya? Bisa diatasi dengan mandi air hangat dan atur jam makan malam tiga jam sebelum tidur. 
  4. Makan siang secukupnya                                                                                                     Ngomongin tentang makan, jadi ingat juga dengan pengalaman teman sekerja. Saat makan siang kalo berlebihan mengisi perut, jadi mudah ngantuk juga. Solusinya tentu saja ambil menu makan yang sederhana dan bergizi. Lebih bagus lagi kalo makanan sudah kita siapkan dari rumah. Tentu kebersihan dan kadar gizi sesuai dengan anjuran gaya hidup sehat. Bukan jajanan junk food yang fungsinya hanya sebatas pengisi perut lapar.
  5. Tidur Siang di Tempat Kerja                                                                                             Pernah dengar karyawan perusahaan besar yang dianjurkan untuk mengisi waktu istirahat dengan tidur siang? Kalo nggak salah sih NASA juga setuju dengan pendapat bahwa tidur siang malah bisa meningkatkan produktivitas kerja.  Perusahaan besar seperti Google pun malah menyediakan kursi untuk tidur karyawannya. Nah, bila perusahaan di negera non muslim saja menerapkan salah satu anjuran Rasulullah Saw, gimana donk dengan negera kita?
Oke deh segitu aja, curhat saya hari ini. Abis ini mau maksi dulu, dilanjut tidur siang seperempat jam. Kayaknya udah cukup deh untuk mengembalikan tubuh saya agar kembali produktif. Setuju kaaan?

6 comments :

  1. tidur siang memang enak, kalau begitu saya berangkat tidur dulu :)

    ReplyDelete
  2. engga setujuuu..
    pasalnya aku ga bisa Boci alias bobo ciang Maak ! :(

    Niy lagi ngantuk2 nya, biasanya aku halau sama minum secangkir kopi panas langsung seruput abis, fresh lagi dah..

    ReplyDelete
  3. setuju tp trgntng kondisi
    mo boci dmn?

    ReplyDelete
  4. paling sering itu tidur larut malam, apalagi kalau lagi insomnia, itu susah dihindari, btw makasih tips2nya :D

    ReplyDelete
  5. Wah ini harus ditunjukkin ke Papi Ubii nih. Huehehe. Dia ngantukan soalnya :p
    Yang nomer 5, di kantor Papi Ubii menerapkan nya loh Mak. Ya meski nggak menyediakan tempat khusus untuk power nap itu. Tapi poin nya adalah atasan nggak marah kalau pegawai nya power nap sejenak siang-siang. Di kantor Papi Ubii juga disediakan XBox. Jadi untuk pegawai yang penat tapi lebih suka nge-game daripada bobok, bisa pakai opsi refreshing main games. Seru yah :) Jadi pengen kerja juga :(

    ReplyDelete
  6. buat ku nomor 3 dan 5 itu susah buat di terapin mba.. yg paling sering aku lakukan adalah yg nomor 2 dan nomor 4.. lumayan berhasil kok

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...