Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

25 Feb 2015

ADA APA DENGAN TANGAN SAYA?

Tangan yang kesemutan
 Sudah satu minggu ini saya merasa tak nyaman. Tiap bangun pada pagi hari, kedua telapak tangan ini terasa seperti kesemutan. Tadinya sempat terpikir kalo penyebabnya adalah tertindih saat tidur. Tapi saya jarang tidur miring tuh. Sejak kecil saya terbiasa tidur telentang. 


Sehari dua hari pertama saya konsisten tidur telentang. Trus saya mulai olah raga lagi. Gegara hujan, saya jarang jalan pagi. *dijewer pakbojo

Tapi setelah semingguan ini kok kesemutannya masih terasa. Apalagi kalo sedang naik motor. Kedua tangan ini jadi berasa banget kesemutannya. Gak enak gitu. Saya jadi takut, lama-lama bisa ilang rasa nih tangan. Kan bahaya, nggak berasa pas megang stang motor di jalan yang padat gini. Tahu-tahu jatuh karena tak bisa mengendalikan laju motor akibat tangan yang baal.

Akhirnya saya searching di google. Biasa, hari gini kan paling mudah dan nyaman tanya aja ama mbah google. Beliau tahu segala macam, mulai dari gimana cara masak opor sampe nyari tas cantik, hihiii... 

Nah, baru deh saya tahu, apa yang sedang terjadi pada tangan saya. Bukan...bukan karena pas tidur, posisi tangan tertindih beban tubuh saya yang udah obesitas. Bahkan ada teman kerja yang bilang, mungkin kadar kolesterol saya di atas ambang batas. Jadi tangan saya kesemutan. 

Oh, tidaaak *lebay*
Meski gendut, kadar kolesterol saya jauh di bawah normal. Trus lagi, kalo kolesterol tinggi tuh katanya gejalanya bukan hanya kesemutan. Tapi pegal-pegal di daerah leher belakang, punggu atas dan tangan.

Ada juga yang bilang, kesemutan adalah gejala stroke. Duh Gusti, napa teman saya malah menakut-nakuti, hiks...

Tapi kalo stroke itu kesemutannya hanya dirasakan separuh tubuh. 

Sedangkan yang saya rasakan adalah kesemutan yang intens. Nah, ternyata apa yang saya alami persis teman di dunmay. Beliau juga kesemutan kedua tangannya.  Katanya itu karena terlalu banyak ngetik, lha dia kan penulis. So pasti lah dia banyak ngetik, hihiii

Ada lagi penyebab lain tangan kesemutan. Yaitu karena kurang asupan vitamin B1, B2, Bkompleks. Nah, vitamin ini kan didapat dari sayuran. Masa sih saya kurang sayur, secara tiap hari menu makanku ya sayur tuh. Atau, masa sih tangan kesemutan ini karena banyak ngetik di kompie or lepi?! Saya sih belum jadi penulis yang ngetik dari subuh ampe malem hari. Bisa diprotes ama pakbojo lah.

Cuma, di tempat kerja saya udah ngetik dari pagi ampe sore, heheee *nggak sampe segitunya kalee
Trus sebelum berangkat ngantor, saya ngetik naskah untuk blog. Kalo nggak ya ngetik naskah untuk calon buku *asli, bukan pencitraan

Trus apa bener saya jadi kena Carpal Tunnel Syndrome?

Terus terang saya malas ke dokter. Paling juga diobservasi lewat pertanyaan, trus dikasih obat. Nah, solusinya gimana? 

Saya pun ikut saran sepupu yang juga aktif ngetik karena pekerjaannya harus di depan kompie seharian. Dia juga ngalami kesemutan kayak yang saya rasakan. Karena saya sudah makan sayur banyak, juga buah. Saya pun akhirnya mengonsumsi vitamin yang mengandung neorotropik. 

Vitamin ini alternatif termudah untuk menyembuhkan kesemutan di tangan saya. Tak hanya minum vitamin, saya juga mengurangi aktivitas ngetik dalam sehari. Untuk pekerjaan di tempat kerja, saya ambil istirahat tiap satu jam sekali. Pak bos kagak boleh protes. Saya kan mau resign, hahahaaa *ups

Buat apa coba, kerja keras kalo tubuh jadi menjerit sakit. Lebih enak mana, tubuh sehat dan duit banyak? Lah, itu sih semua orang juga mau yaaa.

Untuk lebih jelasnya tentang penyakit Carpal tunnel syndrome, baca langsung deh di sini. Dijamin lengkap dan terpercaya.  Penjelasannya di Sini temans...

Oya ini ada cuplikan sedikit, dan sebagian mirip dengan yang saya alami.

Tanda-tandanya antara lain seperti sering pegal dan atau nyeri pada bagian pergelangan tangan maupun juga jari tangan, terutama pada bagian ibu jari, telunjuk dan jari tengah. Gejala itu disebabkan adanya pembengkakan saraf yang melewati terowongan karpal di pergelangan tanganGangguan ini kerap mendera individu yang sering menggunakan pergelangan tangan dalam jangka waktu lama, seperti; memegang mouse komputer.

Kalo di artikel ini, saya harus mengikuti fisioterapi kalo nggak mau memilih pembedahan. *merinding mbayangke dibedah*

Tapi menurut cerita sepupuku ada solusi lain. Solusinya adalah dengan mencukupi kebutuhan vitamin-vitamin neurotropik, konsumsilah vitamin B1, B6 dan B12. Vitamin ini penting untuk menjaga kesehatan jaringan saraf.

Vitamin B1 misalnya, penting untuk metabolisme karbohidrat, serta penyediaan energi untuk saraf. Sedangkan vitamin B6 untuk metabolisme protein dan memelihara fungsi normal saraf. Sementara B12 penting untuk sintesa asam nukleat dan menjaga integritas jaringan saraf. Untuk mengatasi nyeri, kombinasikan dengan analgesik yang berfungsi sebagai anti radang. 


Alhamdulillah, setelah lima hari minum vitamin neurotropik, kesemutan sudah mulai berkurang. Saya juga kembali mengonsumisi buah dan sayur yang lebih banyak dibanding sebelumnya.

15 comments :

  1. Cek gula darah Jeng. Jangan2 banyak gula, kan ada pepatah 'ada gula ada semut' he he he
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah iya tuh pakdhe... tapi gula darahku aman kok, kadang malah cuma 92. Matur nuwun atensinya pakdhe :)

      Delete
  2. Aku juga mbak. Tiap malam entah berapa kali terbangun krn kesemutan. :(

    ReplyDelete
  3. Coba konsumsi vitamin neurotropik aja mbak, kesemutanku udah berkurang sejak minum vitamin itu. Moga cepat pulih ya mbak :)

    ReplyDelete
  4. Kalo saya nggak kesemuten bu Wati...tapi pegel punggung dan mata sering berair. Takuuut, apalagi jarang olahraga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah posisi duduk kali mbak, kalo mata berair itu karena kelamaan di depan layar juga. Ayo kurangi , hihii

      Delete
  5. aku juga pernah mba tangan rasanya sering kesemutan, megang sutil lama2 aja langsung kesemutan, alhamdulillah sekarang udah ngga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sembuhnya pakai minum obat atau terapi ya Mama Thifa?

      Delete
  6. Iya Mbak, ini yang harus diwaspadai penulis.

    ReplyDelete
  7. Waduh, ternyata gawat juga kalau sampai tubuh kekurangan asupan vitamin yah mbak :)

    Semoga cepat sehat lagi untuk tangannya yah mbak:)

    ReplyDelete
  8. alhamdulillah kalau kesemutannya sudah sedikit berkurang ya mbak. semoga segera pulih total :)

    ReplyDelete
  9. Iya, penyakit penulis ya mba wati...kelamaan di kompi juga bisa sakit..mari senaam...eh enak yoga kayaknya yaa...

    ReplyDelete
  10. Kalo aku udah kelamaan nulis enggak kesemutan tapi kebas tangannya.. memang nggak boleh ngedur depan lepinya harus istirahat setiap berapa jam, cuma suka keterusan aja :D. Om dan tanteku punya asam urat, salah satu tandanya kesemutan juga mbak. Ibu dulu gejala awal sakitnya juga kesemutan di ujung2 jarinya sampai kemudian jadi nggak berasa... (eh nggak nakut2in lo, cuma share aja... )

    ReplyDelete
  11. Kalau saya efek ngetik lama depan kompie bukan ke tangan sih tapi ke mata jadi minus, trus kalau kelamaan natap kompie biasanya jadi terasa lelah dan panas.

    ReplyDelete
  12. Halo, nama saya Setiabudi, seorang korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya telah penipuan semua paling 13 juta karena saya membutuhkan pinjaman modal besar 40 juta, saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi, bisnis saya adalah hancur dalam proses yang saya kehilangan anak saya. saya tidak dapat berdiri lagi. semua hal ini terjadi Desember 2014, sampai saya mearnt seorang teman yang memperkenalkan saya kepada ibu yang baik ibu Alexandra yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaannya, ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, Semoga Tuhan terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, bahwa ada banyak penipuan di luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman yang dijamin hanya cepat mendaftar melalui Ibu Alexandra melalui email perusahaan: alexandraestherloanltdd@gmail.com atau alexandraestherfastservice@cash4u.com
    Anda alos dapat menghubungi mereka melalui situs web mereka: globalfastservice.org
    Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; setiabudialmed@gmail.com untuk informasi yang perlu Anda ketahui. silahkan dia adalah satu-satunya orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.
    Terima kasih.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...