Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

31 Dec 2014

REVIEW BUKU : 101 CEO MUDA - YANG MUDA YANG PENGEN KAYA


Judul       : 101 YOUNG CEO 
Penerbit  : TIGA SERANGKAI
Jumlah Hal: 350
Penulis     : ILMAN AKBAR

Pertama baca buku ini saya langsung tertarik. Dikemas dalam kover yang cerah, merah. Mampu bikin pembaca penasaran. Apa sih isi buku ini? Apa iya hanya mengulas kisah perjalanan wira usahawan muda yang sukses aja? Atau ada juga kiat sukses agar berhasil seperti mereka? Simak yuk review saya...

Kisah sukses seseorang selalu menarik untuk ditulis. Nah, di sini lah si penulis mengangkat 101 tokoh pengusaha muda. 

Saat ini sedang terjadi trend anak muda yang tertarik menjadi pengusaha. Ada 10 alasan penyebab ketertarikan ini.
1. Perkembangan teknologi seperti munculnya  sosmed, membuat promo jadi mudah dan murah. 
2. Taraf kehidupan yang meningkat. 
3.Tokoh dewasa sukses yang menjadi kompor seperti Chaerul Tanjung, Bob Sadino, Jusuf Kalla, Ciputra.
4.Media banyak mengangkat isu tentang kewirausahaan.
5. Di kampus banyak bermunculan enterpreunership center.
6.Kompetisi wirausaha muda
7.Banyak muncul lembaga belajar bisnis.
8.Adanya komunitas belajar bisnis
9. Banyak terbit buku-buku tentang bisnis
10.Munculnya banyak pebisnis muda usia di bawah 30 tahun.

Orang muda suka bingung, pengen bisnis. Tapi, mau bisnis apa?
Penulis buku ini, Ilman Akbar menjelaskan ada dua cara memunculkan ide bisnis. Yang pertama: Bisnis dengan keahlian / kemampuan diri. Yang kedua bisnis dari melihat peluang, kebutuhan/masalah yang muncul di masyarakat.

Ilman Akbar mengusik pembaca dengan pertanyaan: Mengapa orang muda harus berbisnis?
Ini nih alasannya :
- Karena semakin muda, resiko bisnis masih kecil
- Punya waktu luang yang sangat banyak, belum bekerja.
- Bisa belajar banyak, mencuri ilmu dari pengusaha sukses
- Ada banyak lomba bisnis untuk anak muda
- Kalo bisnis sukses, nggak perlu melamar kerja setelah lulus kuliah.

Nah halaman berikutnya adalah profil 101 kisah pengusaha muda Indonesia. Beragam sekali usaha mereka. Ada yang dari Desain, Fesyen, Film, Foto, Animasi, Kerajinan, Kuliner, Musik, Pendidikan, dan banyak lagi. Berikut  beberapa pengusaha muda yang menarik menurut kacamata saya.

ANDINA - Jutawan Sepatu Lukis
Inspirasi usaha sang papa yang melibatkan orang-orang kecil sangat melekat dalam ingatannya. Bahkan nasihat papanya sangat kuat menjadi pegangan usahanya. Yaitu 'Start small, but have a big prospect in the future'. Kerja kerasnya membuahkan hasil, omzet meningkat dan penghargaan pun banyak diraihnya.

JENAHARA - Hijab Designer, Pendiri Hijabers Community
Siapa yang tak kenal wanita muda ini? Namanya sering dihubungkan dengan nama besar sang ibu. Namun totalitasnya sebagai Designer muda, patut diperhitungkan. Pendiri Hijabers Community ini ingin mengubah wawasan  banyak orang mengenai hijab. Bahwa hijab itu kuno dan membatasi penggunanya. Sekarang Jehan makin dikenal dunia internasional dengan membawa wajah islam yang semakin dapat diterima oleh masyarakat.

GIBRAN RAKABUMING - Pengusaha Catering
Sosoknya saat itu belum dikenal oleh masyarakat luas. Selain sempat mendapat tentangan dari orang tuanya, karena ia sudah dipersiapkan mewarisi usaha keluarga. Namun tekadnya ingin mendirikan usaha sendiri tak bisa dicegah.

Bahkan orderan pertamanya pun nyaris dibatalkan oleh si pemesan gara-gara bujukan sang kerabat yang meragukan kateringnya karena masih baru. Gibran harus meyakinkan sang pemesan dengan menjanjikan pelayanan sinoman (yang melayani tamu) 1:4. Pesta pernikahan di Solo tidak menggunakan sistem prasmanan. Tapi makanan diantarkan ke tempat duduk tamu satu persatu. 

Saat ini usahanya telah menjadi salah satu pemain jasa katering yang terpercaya di Solo

SALVA YURIVAN SARAGIH - Bisnis bersih-bersih yang gemilang
Tidak pernah sekali pun membantu orang tuanya beberes rumah, siapa sangka bila Salva bisa memiliki usaha cleaning service yang berhasil meraup untung ratusan juta pertahunnya?!

Karena belum tahu cara bersih-bersih, dengan kreatif dan polos ia menggunakan jasa servis kompetitor untuk membersihkan rumah yang sengaja ia kotori. Ia mengamati dan mencatat cara kerja, hingga merk obat pembersih yang dipakai. Prinsipnya adalah ia tidak mencuri apapun kecuali ilmunya.

ALWEN ONG - Mendulang Untung Dari Ponsel Rusak
Berlatar belakang dari keluarga sederhana, membuat Alwen berusaha keras melakukan apa saja untuk menghasilkan uang. Dari jualan buku, sales kartu kredit sampai makelar bagi temannya yang ingin jual motor. Sampai satu ketika ia mencoba memperbaiki ponsel temannya yang rusak. Dari sini lah terbersit ide peluang membuka usaha reparasi ponsel rusak. Alwen banyak baca buku, melihat temmannya memperbaiki ponsel hingga utak atik sendiri.

Anak Medan ini sangat menghargai pelanggannya. Bisnisnya pun berkembang. Melihat anak muda sekarang suka narsis, ia pun mendirikan Narsis Digital Printing. Yaitu menerima cetak mug, pin, kaus, topi dan lainnya.

REZA NUR HILMAN - Sistem Pemasaran Yang Kreatif
Awalnya ia hanya menjualkan keripik pedas dari seorang ibu yang pintar membuat bumbu yang sangat enak. Namun seiring perkembangan usaha yang makin meningkat, ibu itu mengundurkan diri. Reza perlu waktu memproduksi keripik dengan rasa sama.


Yang unik juga adalah tingkat kepedasan yang berlevel-level. Juga sistem pemasaran yang menggunakan mobil dan berpindah setiap harinya.

Penulis juga menyisipkan trik usaha di akhir buku ini. Apa saja yang perlu diketahui bagi calon pebisnis muda untuk memulai usahanya. Juga tips bagi mahasiswa agar lancar usahanya dan pendidikannya.

Nah tunggu apalagi? Segera siapkan usaha kamu selagi muda. Tapiii...baca buku ini dulu yaaa....

Tengkiyu kunjungannyaaaa... see you again :)

16 comments :

  1. Ini yang nulis suaminya salah satu member KEB lo mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya ya...siapa ya, boleh deh kenalan :)

      Delete
  2. suka buku-buku seperti ini, inspiring...suaminya siapa mi?

    ReplyDelete
  3. Anak muda sekarang memang luar biasa semua. Semoga Vivi dan Faris bisa begitu juga. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...moga terwujud doanya mak Uniek :)

      Delete
  4. Saya sudah baca buku nya mak, sangat menginspirasi sekali :)

    ReplyDelete
  5. Aku juga punya, bukunya emang kece badai tuh mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kayak yang ngeripiu yaaa *dilempar bakiak

      Delete
  6. jadi semangat kalau baca2 kayak ginian...: )
    tapu belum tau mau bisnis apa #Doh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihiii...bisnis yang kamu sukai atau yang jadi keahlian kamuuu
      Hayooo baca deh bukunya, banyak tips nya lho

      Delete
  7. Widih, keren bener masih muda udah jadi CEO

    ReplyDelete
  8. aku belum baca,jadi pingin ikut baca juga

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...