Laman

  • Beranda
  • Jalan-jalan
  • Inspirasi
  • Review
  • Disclosure
  • About Me
  • Achievement

30 Apr 2014

ADA RUANG BERHIAS DI DALAM MASJID KERATON

Apa kabar semuaaa... 

Adakah yang pernah berkunjung ke Solo? Ahh pasti pernah ya meski hanya sesekali. Saya sering banget menyambangi kota ini. Tak terhitung malah. Karena saya punya teman dan kerabat yang tinggal di kota Solo dan sekitarnya. Jadi sering mampir ke kota ini.

Tapiiii... saya belum pernah punya kesempatan shalat di Masjid Agung Keraton. Eh, bener gak sih namanya? Abis banyak yang nyebut begono siiih :)


Tampak serambi depan yang adem


Kali ini saya dan suami ingin sekali numpang shalat di masjid ini. Alasannya sih sederhana aja, selama ini belum pernah shalat di sini. Dan saya akan belanja-belanji di Pasar Klewer. Jadi ya dipas-paskan waktunya agar bisa nyampe Solo menjelang Dzuhur, hhihiii...

Masjid Agung ini memiliki arsitektur Jawa Kuno. Terletak di sebelah utara Pasar Klewer. Tepatnya sih berada di sisi barat alun-alun lor Keraton Surakarta. Saya seneng banget saat memasuki halaman masjid. Dari gerbang sudah terlihat suasana adem berada di dalam bangunannya. Serambinya sangat luas. Memanjang dari selatan ke utara dengan bagian tengah menjorok sampai depan. Unik banget :)

Yang lebih unik adalah tempat berwudhu. Fasilitasnya komplit. Ada kamar mandi, tempat wudhu yang berbentuk kran dan kolam, serta penitipan barang yang dijaga mbak-mbak ramah nan murah senyum.

Tempat shalat bener-bener terpisah antara jemaah putra  dengan putri. Dipisahkan oleh tembok, nyaman banget :) Shalat dulu yaaà...

Usai shalat dan berdoa, aku melipat mukena dan memasukkannya ke dalam tas. Daan... saat itulah aku makin dibuat kagum. Di samping kiri tempat shalat, ada ruangan berukuran 2x3m2 (kira-kira lho ya). Olalaaa, ruangan ini ternyata untuk jemaah putri berhias. Membetulkan kerudung, hijab or apa aja deh yang perlu dibenahi.

Meja dengan penyangga
Di beberapa masjid yang pernah saya numpang shalat, memang ada yang menyediakan cermin di dalam ruangannya. Tapi yang menyediakan ruang khusus baru masjid ini. Saya nggak tahu kalau mungkin ada juga masjid lain yang memberikan ruang khusus seperti ini.

Cerminnya  terpasang memenuhi sepanjang dinding. Ada meja berpenyangga yang menyatu dengan cermin. Tentu saja meja itu berfungsi untuk meletakkan alat make up, seperti bedan dan kawan-kawannya. 

Terus terang, saya sebenarnya pengen mengambil gambar ruang itu secara keseluruhan. Sayangnya gagal terus. Selama saya di ruangan itu, adaaa aja yang menggunakannya untuk membenahi kerudung. Nggak mungkin lah saya jepret sana-sini. Namanya juga ruang rias, pasti banyak ukhti yang melepas kerudung kan?!  So, only this the picture.

Nah, kapan-kapan pengen lagi numpang shalat di sini. Mau ngambil foto-foto unik lain di Masjid Agung Keraton. 

Yuk, berkunjung ke masjid ini dan shalat di dalamnya :)

7 comments :

  1. Pernah lewat aja di masjid ini waktu ke Klewer...kita mampir ndak yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pas lewat saat shalat aja mampirnya. Trus nggak kejauhan dari lokasi tujuan utama, gitu mba :)

      Delete
  2. Replies
    1. Yuk ke Solo, belanja di pasar Klewer yang murah meriah dan mampir shalat di Masjid Agung Keraton

      Delete
  3. Mudah2an suatu hari nanti bisa ke sana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...moga bisa terlaksana niatnya mbak :))

      Delete
  4. saya udah pernah ke sanaaa *ngacung* duluuu banget. tahun 2007. saya juga terpesona mak. pas masuk tempat wudhu langsung mak nyes. adem. pas itu saya juga dari klewer, panas-panas trus sholat ke situ. tempat riasnya memang asyik mak. saya suka. kl ga salah memang ada tulisan larangan berdandan di area sholat. masih ada ga mak?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...